LOADING

Type to search

Gunakan Masa Reses, Syaiful Bahri Anshori Beri Bantu Korban Gempa di Lumajang

Share

LUMAJANG – Syaiful Bahri Anshori selaku Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PKB kembali menggunakan masa Reses ke-4 Tahun 2021-2022 ini dengan melakukan aksi sosial. Di tengah pandemi Covid-19, Syaiful mengunjungi Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur IV yang meliputi Lumajaang dan Jember secara khusus meninjau dengan memberikan bantuan pada korban bencana gempa yang menghantam Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (17/4/2021) lalu.

Untuk diketahui, gempa bumi Magnitudo 4,3 telah mengguncang Kabupaten Jember terjadi lima kali sekitar pukul 05.55 WIB, Senin (12/8/2019) lalu. Tercatat, ada guncangan gempa berpusat di kedalaman 10 km di 9,54 Lintang Selatan serta 113,84 Bujur Timur 152 km arah tenggara dari Jember.

Dengan kondisi itu, wilayah tersebut mengalami sejumlah kerusakan parah yang mengakibatkan warga sangat membutuhkan bantuan sembako maupun perbaikan rumah mereka untuk ditempati menghadapi puasa Ramadhan.

“Alhamdulillah, apa yang saya lakukan ini sebagai bentuk keterpanggilan yang wajib saya lakukan buat masyarakat sebagai wakil rakyat yang dipercaya warga oleh warga Lumajang,” kata Syaiful, saat mengunjungi langsung wilayah terdampak bencana di Lumajang, seperti dikutip website DPR.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum PMII 1997-2000 ini menyerahkan ratusan sembako untuk warga korban bencana. Kepedulian Syaiful tak hanya sampai di situ, ia pun membantu warga yang  rumah dan bangunan rusak di sejumlah kecamatan di Lumajang, Jawa Timur.

Presiden Saburmusi ini menyampaikan, apa yang dilakukan untuk rakyat ini belum bisa menyelesaikan permasalahan masyarakat Lumajang. Mengingat banyak bangunan atau rumah warga yang membutuhkan bantuan dari para dermawan termasuk pemerintah.

“Tapi, setidaknya, dengan bantuan ini bisa sedikit meringankan warga yang menjadi korban gempa kemarin di sini,” terang Ketua PC PMII Yogyakarta 1998 ini.

Di akhir kunjungannya tersebut, Syaiful menyampaikan rasa prihatin dengan peristiwa yang menimpa warga apalagi bencana tersebut hadir bertepatan datangnya bulan Ramadhan. Untuk itu, ia berharap warga memperoleh bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kita berharap bantuan itu segera direalisasikan untuk merehabilitasi perbaikan bangunan dan fasilitas umum yang rusak terdampak di wilayah Lumajang,” ujarnya.

Ketua Umum IKA SUKA ini, meminta Pemkab Lumajang segera melakukan evakuasi terhadap warganya yang tinggal di sekitar tebing.

“Di daerah itu di kawasan pegunungan yang rawan terjadi tanah longsor, apabila berpotensi terjadi gempa susulan,” pinta Syaiful.

Syaiful mengungkapkan, bantuan yang akan didistribusikan ke warga melalui pasukan infantri dari Kodim 0821/Lumajang. Langkah itu ditempuh agar proses pendistribusiannya segera sampai kepada warga terdampak bencana tersebut.

Dandim 0821/Lumajang Letkol Inf Andi A. Wibowo sebagai kepala koordinasi kebencanaan gempa bumi di wilayah Lumajang, Jawa Timur sangat mengapresiasi bantuan yang disalurkan oleh Syaiful.

“Kami menyampaikan pesan dari warga, sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Pak Syaiful Bahri Anshori yang diberikan ke warga terdampak bencana.Di mana alur distribusi bantuan yang akan ke warga terdampak gempa bumi, mulai dari kawasan Kecamatan Tempursari, Pasirian, Pasrujambe Lumajang dan sejumlah kecamatan lain yang kena dampak bencana ini,” ungkap Andi. (Budi)

 

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *