Type to search

Tanya DR Suharsono

Apa Filosofi Sukses DR Suharsono Diterapkan di Pertiwi Grup?

Share

Assalamualaikum ww.

Perkenalkan pak Doktor, saya Dede Suherman, umur 50 tahun. Berkeluarga, dengan 2 orang anak. Istri saya, Atik Sulistyowati, buka usaha salon dan kursus perawatan kulit dan rambut. Tinggal di Subang Jawa Barat. Saya bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi.

Saya kenal pak Suharsono karena dulu saya pernah kursus di lembaga BBC di Bekasi tahun 1995. Yang mengajar bapak sendiri.

Saya ketemu istri saya yang dulu juga teman kursus di BBC. Anak-anak saya juga pada kursus Bahasa Inggis di BBC Cabang Bandung. Saya percaya sama BBC karena pengajarannya terstandar, makanya saya kursuskan anak2 saya kesana.

Mantu saya, kebetulan juga alumni STBA Pertiwi di Jakarta. Saya baru tahu bahwa STBA Pertiwi yang punya juga bapak Doktor Suharsono. Saya bangga hampir semua keluarga saya alumni kursus dan perguruan tinggi bapak.

Kursus BBC sekarang banyak cabangnya di beberapa kota. Saya juga dengar bapak membuka beberapa perguruan tinggi dan sekolah-sekolah di samping STBA Pertiwi yang sudah ada. Saya kagum dengan kegigihan bapak membangun usaha.

Pertanyaan saya, apa yang membuat bapak begitu gigih dan konsisten membangun usaha pendidikan? Saya kenal bapak sejak tahun 1995. Di tahun itu bapak baru punya BBC dan ABA Pertiwi.

Apa yang mendasari lembaga bapak sehingga dapat berkembang dengan cepat? Nilai-nilai apa yang bapak dan lembaga bapak yakini?

Terus terang saya juga ingin mengembangkan lembaga kursus istri saya. Saya ingin mencontoh lembaga bapak.
Terima kasih atas jawaban bapak.
Wassalamualaikum ww.

Dede Suherman, Subang (085221******)

Jawaban:

Waalaikum salam ww.
Pak Dede Suherman, bu Atik Sulistyowati, dan seluruh keluarga yang saya hormati.
Saya merasa tersanjung bapak memberikan komentar positif terhadap BBC.

Terima kasih bapak dan keluarga telah mepercayai lembaga saya sebagai tempat mencari ilmu dan keterampilan, khususnya dalam Bahasa Inggris. Kepercayaan dan support para peserta

kursus di awal-awal tahun 1990 telah membuat BBC berkembang menjadi kursus yang berstandar nasional seperti sekarang ini.

Untuk sekedar informasi, BBC yang dulu hanya kursus bahas Inggris, kini telah berkembang menjadi group usaha pendidikan. Namanya Pertiwi Group.

Kami mengelola sekolah formal SMK Pertiwi di Surakarta, kota kelahiran saya. Di Jakarta, kami mengelola dua perguruan tinggi STBA Pertiwi dan AKPAR Pertiwi. Di Jawa Barat, kami membuka perguruan tinggi / sekolah bisnis STIE Pertiwi. BBC juga masih beroperasi di beberapa daerah sekitar Jakarta dan beberapa kota besar di Jawa.

Kami sedang mempersiapkan diri untuk membuka Universitas Pertiwi di daerah Jawa Barat. Inilah obsesi besar kami dalam membangun usaha pendidikan. Mohon doanya.

Mengenai pertanyaan bapak mengapa kami gigih dan konsisten membangun usaha pendidikan? Nilai-nilai apa yang kami yakini? Jawabannya sangat personal, tetapi juga dapat bersifat umum, tergantung cara memandangnya.

Jawabannya ada dalam sistem manajemen dari group Pertiwi. Kalau mau menerapkan dalam pengelolaan kursus yang mau bapak kembangkan, bisa-bisa saja. Tentu saja dengan perubahan-perubahan seperlunya, disesuaikan dengan kondisi lembaga bapak.

1. Kami punya visi

Visi adalah cita-cita organisai yang ingin dicapai dalam 5 tahun mendatang. Visi ini merupakan kondisi organisasi yang mau diwujudkan oleh para pelaku organisasi. Visi inilah yang menyemangati kami, yang memberikan dorongan kuat, yang memberikan energy untuk bergerak mengarah pada kondisi tersebut.

Visi Pertiwi Group: “Menjadi lembaga pendidikan terpercaya yang menghasilkan lulusan berkarakter dan berkompetensi unggul.”  Visi kami hanya terdiri dari 11 kata, tetapi bermakna sangat jauh dan dalam.

2. Kata-kata kunci dalam visi: terpercaya, berkarakter, unggul

Kami ingin lembaga kami dipercaya oleh masyarakat. Untuk mendapatkan kepercayan tersebut, kami menstandarkan sistem operasi manajemen kami. Sistem yang dapat diterima oleh masyarakat.

Kami ingin lulusan kami memiliki karakter yang kuat serta memiliki kompetensi unggul. Kata-kata kuci inilah yang kemudian diterjemahkan dalam peraturan dan kebijakan organisasi, khususnya yang menyangkut pendidikan dan pelatihan.

3. Kami punya nilai-nilai

Visi yang kami canangkan tidak gampang mencapainya. Perlu kerja keras dan terus menerus. Istilahnya persisten dan konsisten.

Oleh karenanya, kami perlu memiliki nilai-nilai yang kami yakini dan percayai sebagai nilai luhur. Kita terapkan nilai-nilai tersebut dalam praktik pekerjaan kami. Kami acu nilai-nilai tersebut dalam membuat keputusan-keputusan sulit organisasi. Kami bahas nilai-niai tersebut dalam rapat-rapat manajemen.

4. Enam nilai luhur Pertiwi

Kami memiliki 6 nilai luhur Pertiwi yang kami yakini: Sukses Pelanggan; Profesionalisme; Budaya Berprestasi; Budaya Pembelajar; Kerjasama Tim; Kreativitas & Inovasi.

Setiap nilai ada penjabarannya dalam perilaku. Contoh perilaku diberikan untuk memberikan makna dari nilai tersebut.

a. Sukses Pelanggan: – Bekerja memprioritaskan kepuasan dan kesuksesan pelanggan; – Bekerja dengan berorientasi pada pelayanan prima.

b. Profesionalisme: – Jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; – Bekerja sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi.

c. Budaya Berprestasi: – Bekerja berorientasi pada hasil; – Bekerja dengan memberikan keteladanan.

d. Budaya Pembelajar: – Selalu mengembangkan diri dan lingkungannya; – Tanggap terhadap setiap perubahan.

e. Kerjasama Tim: – Bersinergi dan berkolaborasi dalam mencapai tujuan; – Berkomitmen dan dapat diandalkan.

f. Kreativitas & Inovasi: – Mengembangkan alternatif solusi terhadap masalah; – Menemukan hal‐hal baru yang lebih produktif dalam bekerja.

Demikian pak Dede uraian saya tentang visi dan nilai-nilai yang menyemangati kami. Yang membuat kami bekerja keras dan konsisten dalam mewujudkan visi. Yang membuat kami punya keyakinan bahwa bekerja keras itu ibadah. Karena kami mewujudkan kebermaknaan dalam kehidupan.

Semoga dapat bermanfaat bagi pak Dede dan dapat menjadi acuan dalam mengembangkan lembaganya.

Sukses selalu.

 

[ Kali ini DR Suharsono memberi kesematan buat Anda sekalian yang ingin curhat, ada personalan hidup yg susah diselesaikan terkait keluarga, karir, bisnis, keuangan dll.

Daftar pertanyaan bisa dihubungi Nomor what’s App 081364923457

Catatan: identitas bisa disembunyikan dan jawabannya dimuat di belarakyat.com

Terimakasih

Cc: DR SUHARSONO, MM, MPd]

 

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *