Type to search

Rakyat

Petani Terima Kunjungan Anggota DPR di Bawah Pohon, di Tepi Sawah

Share

PADANG – Kelompok tani (poktan) Sumua Gadang, Kelurahan Pisang, Kecamatan Pauh, Kota Padang menerima kunjungan kerja Anggota DPR RI Hermanto di lokasi biasa mereka berkumpul, di bawah pohon tepi sawah. Kunjungan Hermanto ke lokasi petani tersebut dalam rangka menyerahkan mesin panen (Combine harvester) ukuran sedang bantuan Pemerintah kepada Poktan tersebut.

“Bantuan ini merupakan upaya negara dalam melakukan modernisasi sektor pertanian untuk mencapai target swasembada pangan,” ujarnya dalam sambutan penyerahan bantuan tersebut.

Sekarang ini, menurutnya, kita tidak mungkin lagi bertani dengan cara mencangkul untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat Indonesia yang berjumlah 265 juta orang. Karena itu, solusinya adalah alsintan.

“Alsintan ini harus dipakai, dipelihara dan dikuasai teknologinya,” ucapnya.

Suatu saat nanti, lanjutnya, akan ada alsintan yang operasionalnya berbasis komputer. Mesin bergerak dengan perintah komputer. “Di negara lain sudah melakukan hal tersebut. Dengan mesin ini, biaya produksi bisa lebih murah,” tutur legislator dari FPKS ini.

“Mau tidak mau kita harus masuk ke era ini. Di era ini saya yakin kaum muda akan berbondong-bondong terjun ke dunia pertanian,” tandasnya.

Lebih jauh Hermanto meminta kelompok tani penerima bantuan agar merawat baik-baik bantuan tersebut supaya bisa memberikan kemanfaatan dalam jangka panjang.

“Barang-barang ini milik negara yang dipercayakan penggunaannya kepada kelompok-kelompok tani. Karena itu pakailah, peliharalah dan rawat dengan baik,” pungkas legislator dapil Sumbar I ini. (Joko)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *