Prestasi Iwan Aras Pimpin Gerindra Sulsel Layak Bertarung di Pilgub

Makassar- Prestasi Gerindra di Sulsel terbilang fenomenal dalam Pemilu 2024 lalu. Di bawah kepemimpinan Ketua Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA), sejumlah prestasi ditorehkan.

Di antaranya mengantarkan peningkatan kursi DPRD Sulsel dari sebelumnya 11 menjadi 13 kursi, dan mempertahankan porsi Wakil Ketua DPRD Sulsel.

Gerindra juga mencatatkan peningkatan kursi DPR RI, dari sebelumnya tiga kursi menjadi lima kursi di Senayan pada Pemilu 2024 ini.

Lima kursi itu milik Azikin Solthan dari Dapil Sulsel I, Andi Amar Maruf Sulaiman dan Andi Iwan Darmawan Aras di Sulsel II, dan Unru Baso serta La Tinro La Tunrung dari Dapil Sulsel III.

Perolehan itu menjadi terbesar, mengalahkan Nasdem yang hanya mengirimkan 4 kursi ke DPR RI. Selain itu, Gerindra Sulsel juga turut andil memenangkan paslon Prabowo-Gibran di Sulsel dalam Pilpres lalu.

Karenanya, sosok Ketua Gerindra Sulsel digadang-gadang layak maju di Pilgub Sulsel mendatang bahkan punya kans masuk dalam kabinet Prabowo-Gibran.

“Peluang menjadi gubernur dan diusung partainya tentu paling besar. Karena beliau (Andi Iwan Darmawan Aras) dianggap berprestasi,” beber Direktur Eksekutif Indeks Politika Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir.

Suwadi menyebut, dibanding kader Gerindra lainnya, tentu kans Andi Iwan sangat besar. Begitu juga bila dihadapkan pada figur eksternal untuk diusung oleh Partai Gerindra.

Yang menarik menurutnya ketika ditawari, atau mendapat tawaran masuk dalam kabinet Prabowo-Gibran, peluang itu juga terbuka dengan merujuk prestasi di Pileg dan kompetensi figur yang juga layak.

“Memang ada kemungkinan diterima apalagi bila menteri strategis. Namun bila tidak, kansnya di Pilgub Sulsel sangat terbuka,” beber Suwadi.

Terkait kontestasi ini, Ketua Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras yang dikonfirmasi terpisah belum memberi tanggapan.

Namun Sekretaris Gerindra Sulsel, Darmawangsyah Muin dalam beberapa kesempatan menyampaikan apresiasi pada seluruh kader dan simpatisan partai yang telah bekerja keras.

Yang mana hasilnya mereka mendapatkan lima kursi DPR RI, 13 kursi di DPRD Sulsel dan 103 kursi di DPRD kabupaten kota se Sulsel, yang 14 daerah di antaranya adalah pimpinan DPRD termasuk dua Ketua DPRD yakni di Bone dan Wajo. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.