Type to search

Umum

Petani Masih Pahlawan Bangsa di Era Pandemi Covid-19

Share

SOLOK – Anggota DPR RI Dapil Sumbar I Hermanto menyebutkan, dimasa pandemi Covid ini pertumbuhan berbagai sektor pembangunan tumbuh negatif. Namun sektor pertanian tumbuh positif.

“Ini artinya kontribusi petani terhadap pertumbuhan ekonomi sangatlah signifikan. Petani telah menjadi pahlawan pertumbuhan ekonomi,” papar Hermanto dalam sambutannya saat membuka kegiatan Pelatihan Untuk Petani dan Penyuluh di aula Kantor Camat Lubuk Sikarah, Kota Solok belum lama ini.

Atas prestasi petani tersebut, lanjut Hermanto, negara harus memberikan apresiasi.

“Kegiatan Pelatihan yang bertujuan meningkatkan kapasitas petani seperti yang diadakan saat ini merupakan salahsatu apresiasi negara kepada petani,” papar legislator dari FPKS DPR ini.

Kegiatan Pelatihan Untuk Petani dan Penyuluh berlangsung tanggal 13-14 Agustus 2021. Pembukaan kegiatan di aula kantor Camat Lubuk Sikarah sementara kegiatan pelatihan di SDIT Shohibul Qur’an. Kegiatan diikuti 60 peserta. Setengah dari peserta mengikuti pelatihan ‘Pengolahan Kedelai Jadi Tahu’ sementara setengah lagi mengikuti pelatihan ‘Budidaya Ayam Buras Petelur’.

Kepada peserta, Hermanto minta agar kegiatan ini diikuti dengan serius. Sedangkan kepada para narasumber, Hermanto meminta agar peserta diajarkan juga cara mengakses pasar. “Jangan sampai, petani sudah berhasil membuat produk tapi kemudian tidak bisa memasarkan nya,” ujar Hermanto.

“Saya berharap melalui kegiatan-kegiatan pelatihan lahir petani-petani yang visioner,” pungkas Hermanto yang juga anggota Komisi IV DPR ini.

Hadir pada kegiatan ini Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi Zahron Helmy, Sekretaris Dinas Pertanian Kota Solok Refendi dan dua tokoh muda Solok Yohendri Datuk Marajo dan Indra Gusta. (Joko)

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Up