Type to search

Kepoin DPR

Mengenal Lebih Dekat Roadmap Transformasi Digital?

Share

Apa itu Roadmap transformasi digital..?

Roadmap transformasi digital adalah pemetaan yang mengacu pada penggunaan teknologi digital untuk melayani masyarakat Indonesia dengan lebih baik.

Nah…. Kementerian Kominfo bersama dengan Kementerian dan lembaga terkait berkomitmen untuk mempercepat penyelesaian roadmap transformasi digital Indonesia yang menyasar sepuluh sektor.
10 sektor tersebut mencakup perdagangan, pendidikan, kesehatan, jasa finansial, pariwisata, properti dan pembangunan kota, perindustrian, media dan hiburan, pertanian dan perikanan, serta pemerintahan
Kemenkominfo mengutamakan berfokus lebih dulu di sektor kesehatan dalam transformasi digital , kaitannya dengan mengantisipasi dampak pandemic covid 19 , pertama adalah perluasan jangkauan infrastruktur digital dalam mendukung layanan kesehatan melalui telehealth/telemedicine, lalu penerapan registrasi kesehatan digital nasional, termasuk manajemen data dan health record. Kemudian pengembangan hub dan ekosistem teknologi medis, penerapan analytics untuk manajemen penyakit (antara lain untuk meningkatkan akurasi diagnosa), perluasan pelacakan kontak (tracing), dan implementasi digitalisasi untuk mendorong hidup yang lebih sehat.

Christina Aryani politisi Fraksi Partai Golkar menegaskan dalam Rapat Kerja Komisi I dengan kemenkominfo , 1 Februari 2021 lalu , agar Kemenkominfo fokus mempercepat transformasi digital terutama terkait yang telah dijanjikan sejak 2020 agar rencana aksi 10 sektor roadmap terwujud terutama roadmap digital mengantisipasi dampak pandemi covid 19 .

Kemudian politisi muda partai Golkar ini pun menanyakan target penyediaan internet tanpa batas di 7904 desa/kelurahan di daerah 3T ( Terdepan, Terpencil dan Tertinggal ) di tahun 2021 akan diadakan di 4200 titikdesa / kelurahan , kemudian di 2002 akan diadakan di 3704 desa/keluraha . Christina Aryani mempertanyakan apakah target ini realistis ? mengingat di tahun 2020 saja hanya tercapai 1209 titik desa/kelurahan saja yang mampu memenuhi target pencapaian internet tanpa batas.

Politisi dapil DKI Jakarta II juga mempertanyakan kesiapan Indonesia mengimplementasikan analog switch off (ASO) atau beralihnya siaran analog kepada siaran digital.

Simak ulasan singkatnya ya .. kita belajar bareng

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *