Dari Daftar Belajaan – Kita Belajar Sukses

Kita sering belanja ke mall atau supermarket atau bahkan ke pasar tradisional. Dengan berbekal uang cash atau kartu ATM kita berkeliling mencari-cari barang yang mau kita beli.

Berkeliling kesana-kemari berjam-jam akhirnya kita capai dan pulang dengan membawa barang belanjaan kita. Sampai di rumah kita baru sadar belum membeli barang ini dan itu yang tadi kita sudah rencanakan untuk dibeli.

Bacaan Lainnya

Kadang kadang kita bahkan membeli barang-barang yang tidak diperlukan karena tergiur promo-promo yang ditawarkan.

Istri mengajari saya untuk menulis barang-barang yang mau dibeli. Begitu sampai di mall atau supermarket kita buka kepekan kita yang berisi daftar belanjaan.

Selanjutnya, kita fokus mencari barang-barang tersebut. Barang yang sudah didapat dicoret dari daftar belanjaan, dan seterusnya sampai saya dapatkan semua belanjaan yang ada di daftar tersebut.

Ternyata waktu yang saya gunakan untuk belanja sangat singkat dan saya tidak perlu kesana-kemari mencari barang-barang yang terlintas dalam benak saya. Sayapun tidak capai dan masih ada waktu untuk makan-makan setelah belanja.

Kehidupan yang kita jalani seperti aktifitas kita belanja. Kita seringkali sibuk kesana-kemari dan capai dengan kesibukan kita. Langkah kita serabutan dan kurang terarah.

Kita mendapatkan sedikit dan bahkan seringkali luput dari apa yang kita inginkan.
Belajar dari daftar belanjaan tersebut, coba tulis daftar hal-hal penting yang mau dicapai atau kegiatan-kegiatan penting yang mau dilakukan. Harian, mingguan, bulanan, atau tahunan. Ingat: hal-hal penting saja!

Hal-hal atau kegiatan-kegiatan penting adalah yang punya kontribusi besar terhadap pencapaian target atau tujuan yang mau kita capai.

Lakukan setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, dan setiap tahun. Anda akan takjub melihat hasilnya! Hidup kita akan lebih dinamis, lebih terarah, dan lebih bemakna.

Saya orang kantoran, dan setiap pagi sebelum mulai kerja saya selalu menuliskan daftar kegiatan dan hasil yang mau saya capai hari itu.

Saya tulis diatas secarik kertas dan saya taruh di meja saya. Saya urutkan daftar kegiatan tersebut sesuai tingkat kepentingannya.

Mungkin ada lima sampai sepuluh hal dalam daftar tersebut. Selanjutnya, saya mulai melakukan kegiatan pertama dalam daftar tersebut.

Saya lakukan dengan fokus sampai selesai. Begitu selesai, kegiatan tersebut saya coret dari daftar kegiatan. Saya mulai melakukan kegiatan kedua yang ada dalam daftar, fokus sampai selesai.

Setiap kegiatan yang selesai saya lakukan, saya coret dari daftar. Saya lakukan kegiatan-kegiatan tersebut satu persatu dengan fokus sampai selesai.

Tidak masalah apabila Anda tidak menyelesaikan semua kegiatan yang ada dalam daftar. Minimal Anda telah meyelesaikan kegiatan-kegiatan yang lebih penting dari yang belum Anda kerjakan. Tanpa saya sadari saya asyik bekerja dan hasilnya luar biasa.

Sukses besar dibangun dari sukses-sukses kecil yang kita lakukan setiap hari. []

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.