Type to search

Rubrik DR Suharsono

5 Makna Gagal Membuat Anda Sukses Besar

Share

Sukses dan gagal adalah biasa dalam kehidupan. Keduanya beriringan hingga akhirnya menemukan titik sukses. Orang-orang sukses pasti pernah mengalami kegagalan. Tidak hanya sekali tetapi berkali-kali.

Kegagalan-kegagalan yang dialaminya membentuk pribadi yang lebih berpengalaman, lebih kokoh, dan lebih tahan terhadap berbagai ujian kehidupan. Kegagalan adalah guru yang baik untuk membangun kesuksesan.

Orang sukses selalu bangun setiap kali dia jatuh. Dia lebih banyak bangunnya dari pada jatuhnya. Orang gagal jatuh dan tidak bangun-bangun.

Kegagalan merupakan bagian dari proses kehidupan yang kita hadapi. Orang-orang sukses mampu mengubah ketakutan terhadap kegagalan menjadi kekuatan atas kegagalan. Takut gagal adalah alasan utama seseorang tidak mengambil tindakan.

Orang-orang sukses memandang suatu kegagalan dari perspektif yang berbeda. Mereka melihat sisi-sisi positif dari suatu kegagalan dan mengambil pelajaran untuk mengambil tindakan yang berbeda. Kalau kita terperosok pada lobang yang sama, itu namanya kita bodoh.

Perspektif orang sukses terhadap kegagalan dibahas oleh Darmadi Darmawangsa dan Imam Munadhi dalam bukunya ‘Fight Like a Tiger, Win Like a Champion’. Paling tidak orang-orang sukses memaknai suatu kegagalan sebagai berikut.

1. Kegagalan merupakan guru terbaik

Bagi orang yang bermental positif, kegagalan merupakan guru terbaik dalam perjalanan menuju kesuksesan. Kegagalan merupakan hal yang lumrah terjadi dalam setiap episode kehidupan. Anak kecil yang belajar berdiri harus mengalami jatuh berkali-kali sebelum akhirnya dia sukses berdiri an berjalan. Demikian juga terjadi pada orang-orang yang sedang mengejar impiannya. Anggap saja dia sedang belajar berjalan. Kegagalan akan memberikan pelajaran langsung berupa fakta-fakta yang akan membawanya kearah yang benar menuju kesuksesan.

2. Kegagalan akan membuat Anda mengubah tindakan

Ketika seseorang menghadapi kesuksesan, ia akan cenderung bersuka cita. Tetapi ketika ia gagal ia cenderung berpikir dan mencari tahu apa yang harus diperbaiki. Ada pepatah yang mengatakan bahwa definisi orang yang tidak waras adalah orang yang melakukan hal yang sama terus-menerus tetapi menginginkan hasil yang berbeda.

Orang sukses adalah orang yang waras. Mereka pernah gagal, dan tidak akan mau menerima kegagalan pada bidang yang sama. Mereka melakukan pendekatan dan tindakan yang berbeda-beda untuk hasil yang berbeda-beda juga.

3. Kegagalan adalah tantangan yang akan membuat Anda lebih kuat

Bagi atlet kegagalan bukan menjadi musibah tetapi menjadi tantangan untuk berlatih lebih keras dan membuatnya lebih kuat. Orang sukses adalah atlit di bidangnya masing-masing. Mereka melatih otot-otot mental mereka melaui kegagalan demi kegagalan.

Semakin banyak tantangan dalam kehidupan semakin kuat otot mental sehingga menghadapi tantangan yang berat menjadi hal yang biasa. Bagi orang gagal, kegagalan adalah musibah dan nasib. Sulit bagi mereka untuk mengubahnya.

4. Kegagalan merupakan peringatan agar kita lebih waspada

Kegagalan yang dialami seseorang menjadikannya lebih awas, lebih waspada, dan lebih bersiap diri dalam menghadapi tantangan berikutnya. Kehidupan penuh dengan tantangan demi tantangan. Gagal dalam satu tantangan belum tentu gagal pada tantangan berikutnya.

Oleh karenanya kegagalan yang pernah dialami sebelumnya akan menjadi alarm untuk meningkatkan kewaspadaannya, meningkatkan kesiapannya, dan meningkatkan kecakapannya dalam menghadapi tantangan berikutnya.

5. Kegagalan akan menumbuhkan keberanian untuk menghadapi resiko

Merasa terbiasa dengan kegagalan, kita akan tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang berani menghadapi resiko. Kegagalan bukan merupakan hal yang permanen, tetapi bersifat sementara. Kegagalan akan berubah menjadi kesuksesan bila dilakukan dengan pendekatan dan strategi yang berbeda. Ada orang yang mau mencoba, dan ada orang yang tidak mau mencoba. Orang yang mau mencoba beresiko gagal, dan mungkin berhasil. Tetapi orang yang tidak mau mencoba, pasti gagal.

Ubah cara pandang Anda. Pakai kaca mata yang berbeda. Lihat semua kegagalan dari sisi positif. Dan… tentu saja sabar menerima kegagalan.

Saya telah gagal berulangkali dalam hidup saya, dan inilah rahasia mengapa saya sukses.” (Michael Jordan)

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *