Type to search

Tanya DR Suharsono

Cara Bangun Rasa Percaya Diri

Share

Selamat pagi, pak Doktor Suharsono.
Nama saya Arinal Bahri, 25 tahun. Anak pertama dari tiga bersaudara. Ayah saya seorang pejabat di Pemda Banten dan Ibu saya seorang pengusaha catering. Kami tinggal di Tangerang, Banten.

Saya sekarang sedang kuliah S2 Manajemen di Universitas Tirtayasa, Serang. Juga membantu usaha ibu mengelola usaha cateringnya yang semakin banyak orderannya. Ibu mengharapkan saya dapat melanjutkan usahanya.

Saya punya cita-cita yang besar. Jauh lebih besar dari posisi ayah dan ibu saya sekarang. Kondisi keluarga saya saat ini sudah bagus. Semua kebutuhan terpenuhi, bahkan saya bisa kuliah S2.

Saya ingin menjadi pengusaha yang sukses, kelas nasional. Tapi saya seringkali ragu apakah saya bisa meraihnya.

Seringkali saya membayangkan rasa bahagia dan bangga yang saya peroleh bila mencapai cita-cita besar tersebut. Saya bisa membahagiakan orang tua, bisa menolong banyak orang. Dan juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

Saya sering merasa ragu dengan kemampuan saya. Apa bisa?

Saya ingin bertanya kepada pak Doktor. Apa bisa saya menjadi pengusaha sukses?Bagaimana menghilangkan rasa ragu-ragu dan membangun rasa percaya diri? Persiapan apa saja yang harus saya lakukan? Bagaimana dengan permintaan ibu untuk melanjutkan usaha cateringnya?

Mohon saran bapak.

Maaf pak Doktor. Pertanyaan saya banyak, karena semuanya berkecamuk di hati saya. Apa saya bisa?
Terima kasih,

Arinal Bahri, Tangerang (081313******)

Jawaban:
Selamat untuk pak Arinal yang punya obsesi besar untuk menjadi pengusaha sukses tingkat nasional. Suatu cita-cita yang luar biasa. Sangat bermakna karena punya alasan khusus kenapa ingin menjadi pengusaha sukses.

Pikiran besar tersebut harus tetap terus dijaga. Jangan sampai mengecil. Pikiran besar tersebut akan menuntun pak Arinal kepada langkah-langkah besar di kemudian hari.

Pak Arinal harus banyak bersyukur atas kehidupan yang dijalani. Orang tua suskes. Ekonomi keluarga lancar. Punya pikiran positif dan besar. Dan masih bisa kuliah S2 tanpa hambatan apapun. Semuanya ini adalah karunia yang harus disyukuri, karena banyak orang lain yang tidak seberuntung pak Arinal. Insya Allah, dengan bersyukur akan dimudahkan dalam mencapai cita-cita besar pak Arinal.

Semua pertanyaan yang berkecamuk di hati menandakan bahwa kita memiliki keinginan besar. Kita ingin mencari tahu bagaimana mewujudkan keinginan tersebut. Apa saja yang harus dipersiapkan. Pak Arinal sekarang sedang menyiapkannya. Perkuliahan yang sedang bapak ikuti menandakan bahwa bapak sedang mempersiapkannya.

Keterlibatan dalam mengelola catering juga merupakan proses pembelajaran. Masalah-masalah yang dihadapi, solusi terhadap masalah, pembuatan keputusan dan lain-lain, semuanya adalah latihan untuk menjadi pengusaha yang lebih besar.

Ikuti saja prosesnya, baik di tempat kuliah maupun di tempat kerja. Kerjakan semuanya yang terbaik. Untuk mendapatkan hasil terbaik. Ciptakan sukses-sukses kecil setiap hari. Sukses besar akan menanti.
Menjawab pertanyaan pak Arinal, berikut saran-saran saya:

1. Semua orang bisa menjadi apapun yang dia inginkan

Termasuk pak Arinal, yang ingin menjadi pengusaha sukses. Sukses itu hak setiap orang. Banyak orang yang menggunakan dan memperjuangkan haknya. Tetapi lebih banyak orang yang tidak mau menggunakan haknya. Untuk bisa sukses kita harus berpikir sukses, bertindak sukses, membiasakan sukses, dan berkarakter sukses. Jangan berpikir gagal. Pikiran akan memengaruhi tindakan.

2. Keragu-raguan dan ketakutan adalah sabotase pikiran

Hilangkan keragu-raguan. Bangun kepercayaan diri. Kalau ragu-ragu dan takut, lakukan sesuatu untuk menghilangkan ketakutan tersebut. Tindakan menyembuhkan ketakutan.

Masukkan hanya pikiran positif pada ingatan kita. Jangan biarkan pikiran negatif yang mencela diri berkembang menjadi monster mental.

Buat segalanya tentang diri kita berbunyi: ‘Saya percaya diri, benar-benar percaya diri!’
Lakukan: duduk selalu dibarisan paling depan; berjalanlah 25 persen lebih cepat; berbicaralah terus terang; tersenyumlah lebar-lebar.

3. Mempersiapkan kesuksesan

Rencanakan kehidupan pak Arinal. Rencana harian, bulanan, tahunan, dan rencana jangka panjang. Tulis rencana-rencana tersebut. Lakukan tindakan sesuai rencana dengan hasil terbaik. Lakukan yang terbaik setiap hari. Lakukan yang terbaik setiap bulan. Lakukan yang terbaik setiap tahun. Bangun kebiasaan sukses untuk setiap hal yang kita lakukan. Bangun karakter sukses dalam diri kita.

Kesuksesan harus direncanakan. Kesuksesan bukan terjadi tiba-tiba. Tidak ada sukses instan.

4. Usaha catering adalah laboratorium sukses

Pak Arinal sudah kuliah manajemen. Tempat praktik manajemen terbaik adalah di tempat kerja. Usaha catering yang ada kita gunakan untuk menerapkan ilmu-ilmu yang kita pelajari di tempat kuliah. Lanjutkan usaha ibunda. Buat lebih maju dan berkembang.

Kalau usaha catering sudah maju, buat usaha baru sesuai dengan minat pak Arinal. Terapkan ilmu dan kecakapan yang sudah diperoleh. Ingat, lakukan sesuatu dengan sukses. Biasakan kesuksesan dalam kehidupan kita. Bangun karakter sukses.

Karakter sukses yang kita bangun dalam diri kita akan menghantar kesuksesan kita dalam kehidupan. Kalau kita sudah memiliki karakter ini, usaha apapun yang kita bangun akan menghasilkan kesuksesan. Selamat mengarungi petualangan bisnis! Sukses menanti Anda, pak Arinal. []

 

[ Kali ini DR Suharsono memberi kesematan buat Anda sekalian yang ingin curhat, ada personalan hidup yg susah diselesaikan terkait keluarga, karir, bisnis, keuangan dll.

Daftar pertanyaan bisa dihubungi Nomor what’s App 081364923457

Catatan: identitas bisa disembunyikan dan jawabannya dimuat di belarakyat.com

Terimakasih

Cc: DR SUHARSONO, MM, MPd]

 

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *