LOADING

Type to search

Belajar dari Ibrahim Hadapi Pandemi Covid-19

Share

JAKARTA – Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (MKD DPR RI) Habib Aboe Bakar Alhabsyi menyampaikan merayakan Idul Adhan di saat pandemi memberikan banyak hikmah untuk semua umat Islam dunia.

“Hal ini terkait seputar sejarah Islam yang terkait Ibadah Haji dan kewajiban menyembelih hewan qurban,゛kata Habib Aboe usai mengelar Sholat Idul Adha, Jumat (31/7/2020).

Pertama, ujar Habib Aboe, umat Islam dapat meneladani ketabahan Nabi Ibrahim. Di antaranya bagaimana Nabiullah Ibrahim bersabar menjalani ujian.

“Beliau dengan tabah menjalankan perintah Allah untuk mengurbankan anak semata wayangnya Ismail. Sikap tabah atas ujian seperti ini sangat diperlukan disaat kita mengalami wabah Cocid-19. Ketabahan menghadapi pandemi akan menjadi kunci kemampuan psikologis kita dalam menghadapi cobaan hidup,” jelas politisi senior PKS ini.

Kedua, lanjutnya, keyakinan terhadap pertolongan Allah yang dicontohkan oleh Siti Hajar. Saat Siti Hajar bersa’i antara bukit Sofa dan Marwa untuk mencari air tanpa putus asa adalah pelajaran untuk kita semua.

“Saat menghadapi masa sulit di saat pandemi seperti saat ini kita tidak boleh berputus asa. Kita harus yakin bahwa Allah SWT pasti akan memberikan pertolongan,” Habib Aboe menasehati.

Ketiga, terangnya, menyembelih hewan qurban adalah bentuk solidaritas sosial. Nilai ini sangat penting saat terjadi “pagebluk” seperti saat ini. Saling berbagi dan saling menolong adalah nilai kunci ketahanan sosial di tengah masyarakat.

“Apalagi distribusi hewan qurban menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan gizi masyarakat dan daya tahan tubuh,” pungkasnya. (HMS)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *