Type to search

Umum

Mental Juara

Share

Dalam beberapa kasus pertandingan bulu tangkis tingkat dunia para pemain yang memenangkan kejuaraan seringkali kalah dalam angka-angka atau permainan set awal. Pada angka-angka terakhir mereka dapat membalikkan angka skore sehingga mereka memenangkannya.

Bila bermain rubber set mereka dapat mengatur stamina dan mempertahankan permainannya secara baik sehingga keluar sebagai juara. Orang bilang mereka memiliki mental juara. Tidak gugup pada saat lawan mengunggulinya, dan tidak jatuh mental ketika lawan mengalahkannya.

Mereka mempelajari kelemahan-kelemahan dirinya dan cepat mengubah strategi permainannya. Mereka mempelajari kelemahan lawannya, dan cepat menekan pada titik lemahnya. Mereka cepat belajar dari kesulitan yang dialaminya.

Kira-kira lima belas tahun lalu, saya dan istri meraih hadiah perjalanan yang luar biasa dengan kapal pesiar super mewah ‘Royal Carrebean Cruise’ yang melintas ke bebeapa negara di Asean. Perjalanan wisata ini kami peroleh karena prestasi kami dalam membangun jaringan bisnis. Kapal super mewah tersebut disewa khusus untuk ‘para pemenang’, pasangan-pasangan yang telah berhasil memenuhi kriteria sebagai ‘juara’.

Pengalaman yang luar biasa karena semua vasilitas yang disediakan sangat ‘wah’ dan kelas satu. Kapalnya besar dan mewah, kamar-kamarnya seperti kamar hotel bintang lima, makanannya ….semuanya enak dan berkelas.

Ada fasilitas mini mall, mini golf, kolam renang, theatre dan… tentu saja berbagai restaurant yang menyajikan makanan kelas satu. Semua servis yang diberikan kelas satu. Tentu saja, karena peserta wisata ini adalah para pemenang, para juara di bidang pembangun jaringan bisnis.

Di sela-sela wisata, kami mendapat pelatihan khusus dari para penulis buku dan pengusaha sukses. Isi pelatihannya adalah ‘membangun mental juara.’ Untuk menjadi pengusaha sukses, kita perlu membangun mental juara dalam diri kita.

Kerja keras pantang menyerah, selalu punya goal, fokus pada target, belajar dari kegagalan, konsisten dan pesisten, dan sejenisnya yang dapat membangun jiwa entrepreneur para peserta. Suatu pengalaman yang luar biasa, karena setelah wisata mewah ini kami mengeset goal-goal kami yang baru dalam menapaki kehidupan.

Goal-goal yang baru memberikan semangat baru. Dengan mental juara yang sudah kami pelajari dan kami dalami, kami membangun usaha-usaha kami di biang bisnis dan pendidikan dengan lebih intens.

Salah satu buku yang direkomendasikan untuk kami baca adalah ‘The 3 Mind Revolution’ karangan David Chiem, yang membahas tentang ‘Winner Mindset’.

Menurut David Chiem, paling tidak ada tiga sifat para juara yang dapat kita implementasikan dalam kehidupan membangun bisnis kita.

1. Juara tidak suka yang biasa-biasa saja.

Juara selalu menginginkan yang terbaik. Juara selalu ingin berprestasi dalam bidangnya. Kalau bekerja, mereka tidak mau hasil yang biasa. Mereka selalu menginginkan hasil yang terbaik. Kebiasaan menginginkan yang terbaik ini membuat para juara mendapatkan yang terbaik.

2. Juara mencari cara-cara tebaru untuk memperbaiki prestasinya. 

Apa yang mereka pikirkan adalah memperbaiki prestasi. Mereka mencari dan mengimplementasikan cara baru, pendekatan baru, sistem baru, dan sesutu yang baru untuk meningkatkan capaiannya. Ini mereka lakukan karena mereka ingin menjadi yang terbaik.

3. Juara mengembangkan kemampuannya untuk belajar dari kesulitan.

Tantangan dan kesulitan adalah bagian dari kehidupan. Tidak ada kesuksesan tanpa kesulitan. Kalau mereka kalah, mereka berpikir dan mencari tahu sebab-sebab kekalahannya.

Mereka mengubah strategi dari hasil belajarnya. Mereka mempelajari titik-tik lemah kompetitornya. Mereka mengubah strateginya untuk menyerang titik-tik lemah lawannya. Dan tentu saja mengalahkan lawannya.

Winner mindset ini kami terapkan dalam pengelolaan lembaga kursus dan pendidikan yang kami jalankan. Hasilnya? Tahun 2011 lembaga kami BBC, memperoleh sertifikat standard ISO untuk manajemen dan merupakan lembaga kursus pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat jenis ini. Tahun 2003, 2013, dan 2016, lembaga kursus kami BBC memenangkan lomba lembaga kursus teladan dan lembaga kursus beprestasi tingkat nasional. Ini semua berkat ‘winner mindset’ dan penerapan sifat dan karakter para juara yang kami peroleh.

Perbedaan antara pemain yang baik dan pemain yang hebat adalah pemain yang hebat mencoba sekali lagi. Ketika setiap orang berpikir bahwa timnya akan kalah, mereka yang hebat masih tetap berusaha untuk menang.” (Vince Lombardi)

 

 

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *