Type to search

Umum

Hermanto Bekali Calon Penerima Sapi di Mentawai dengan Bimtek

Share

MENTAWAI – Anggota DPR RI Dapil Sumbar I Hermanto dalam kunjungan kerjanya di daerah pemilihan memberikan pembekalan kepada kelompok calon penerima sapi bantuan pemerintah di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Ia berharap dengan pembekalan tersebut kelak para peternak bisa sukses mengelola ternak bantuan.

“Selama ini bantuan mengalir pada kelompok tanpa disertai bimbingan sehingga hasilnya tidak memuaskan. Dengan adanya bimbingan teknis ini diharapkan sapi bantuan yang semula 20 ekor dalam satu semester bisa menjadi 30 ekor,” ujar Hermanto dalam sambutannya pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Ternak Sapi Potong untuk Meningkatkan Kapasitas Peternak dan Penyuluh dalam rangka Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Balitbangtan di
Aula Kantor Bupati Kepulauan Mentawai, Jumat (22/10/2021).

Bantuan, lanjutnya, jangan dipandang semata sebagai bantuan. “Sudah saatnya bantuan diperlakukan sebagai modal,” ujar legislator dari FPKS DPR ini.

Menurutnya, sikap dan perlakuan terhadap modal adalah berusaha mengembangkannya. “Duapuluh ekor memang sedikit, tetapi sebagai pemula cukup. Kalau dari 20 ekor berhasil berkembang menjadi 30 ekor maka kelompok sudah memahami arti modal”, ujar Hermanto.

“Tetapi kalau faktanya nanti dari 20 ekor tinggal 5 ekor, maka kelompok tidak memahami makna dari modal”, pungkas legislator dari Komisi IV DPR ini.

Kegiatan bimtek diselenggarakan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat. Hadir juga dalam ini Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, Kepala BPTP Rustam, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Hatissama Hura, Kepala Dinas Perikanan Usman serta dua tokoh Kepulauan Mentawai Ahmad Siddik dan M. Marzuki. (JOKO)

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *