Type to search

Tanya DR Suharsono

Faktor Sukses – Benarkah Peluang Penentu Orang Sukses?

Share

Assalamualaikum Pak DR Suharsono.

Perkenalkan saya Iwan. Pegawai swasta. Umur 36 tahun. Saya tinggal di Samarinda, Kalimantan Timur.

Begini, ada yang ganggu pikiran saya terkait sukses hingga kini masih ke bawah dalam tidur.

Saya beberapa kali baca buku bahkan artikel soal sukses. Di mana dijelaskan bahwa mencapai sukses banyak faktor penyebabnya. Seingat saya banyak. Lupa apa saja.

Bisa bapak sebutkan secara rinci supaya saya bisa tahu apa saja itu penyebabnya orang bisa sukses?

Pertanyaan kedua, katanya sukses itu terjadi karena adanya peluang. Betulkah sukses karena ada peluang? Bagaimana mendapatkan peluang?

Terima kasih atas jawabannya ya Pak DR Suharsono

Iwan, Samarinda (0813****)

Jawaban:

Waalaikum salam ww, pak Iwan.

Banyak sekali faktor-faktor penunjang sukses. Setiap orang berbeda-beda faktor penunjangnya. Tetapi ada persamaannya dan dapat diterapkan oleh siapa saja yang ingin sukses. Ada faktor yang berkaitan dengan pribadi, dan ada yang berkaitan dengan lingkungan. Semuanya penting karena menunjang kesuksesan seseorang.
Faktor pribadi

1. Kejujuran

Jujur adalah sikap yang lurus hati, menyatakan hal yang sebenarnya, tidak berbohong. Jujur juga berarti tidak curang, melakukan sesuatu sesuai aturan. Wajib hukumnya untuk selalu jujur dalam perkataan maupun perbuatan. Sifat jujur juga merupakan dasar dan patokan untuk mendapatkan kepercayaan. Jika sekali kita dapat dipercaya, orang lain akan mempercayai kita dan menilai kita seterusnya baik. Sukses memerlukan kejujuran bukan kepura-puraan.

2. Disiplin

Disiplin erat kaitannya dengan manajemen waktu dan konsistensi dalam melakukan tindakan meraih tujuan. Akan banyak godaan dan rintangan saat kita melangkah. Dengan menanamkan disiplin, langkah kita akan terfokus dalam mencapai target dan tujuan. Disiplin membentuk konsistensi dan persistensi dalam tindakan meraih target. Orang sukses pasti memiliki disiplin kuat untuk mewujudkan keinginannya.

3. Bekerja di Atas Rata-rata

Tidak ada sukses tanpa kerja keras. Sekeras apa? Sukses bisa dicapai dengan bekerja keras diatas rata-rata orang. Kerja keras hanya akan menghasilkan hal yang biasa. Bekerja keras diatas rata-rata akan menghasilkan hal yang luar biasa. Bekerja keras secara konsisten merupakan faktor penting pendudkung sukses.

4. Mudah bergaul (Buat Tim Kerja) 

Sukses tidak dapat diraih sendirian. Pasti melibatkan orang lain. Kecakapan bergaul sangat penting karena orang lain akan dengan mudah membantu, memfasilitasi, dan ikut terlibat dalam pencapaian tujuan.

Dalam banyak kasus, orang yang berpendidikan rendahpun dapat mencapai kesuksesan karena keluwesannya dalam pergaulan. Sukses memerlukan orang lain. Kecakapan dalam bergaul sangat mendukung sukses.

Faktor Lingkungan
1. Keluarga
Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan awal seseorang. Lingkungan orang tua pengusaha akan mendidik anak-anaknya menjadi pengusaha. Lingkungan orang tua dengan profesi tertentu akan mendidik anak-anaknya mencintai profesi orang tuanya. Anak-anak akan menjadi seperti orang tuanya.

2. Lingkungan Pendidikan dan Pelatihan

Lingkungan sekolah dan pelatihan-pelatihan yang diikui seseorang akan ikut menentukan suksesnya. Sekolah-sekolah dan tempat pelatihan yang bagus akan membentuk kecakapan dan karakter yang diperlukan untuk menunjang kesuksesan. Itulah sebabnya, kita bersedia membayar mahal untuk pendidikan dan pelatihan yang bermutu.

3. Pendamping

Pendamping dapat berarti susami atau isteri. Pendamping yang mendukung kegiatan-kegiatan pasangannya akan memberikan ketenangan dan dorongan kuat untuk mewujudkan impian seseorang.
Bagaimana mendapatkan peluang?
Peluang ada dimana-mana disekitar kita. Semua masalah manusia adalah peluang bagi manusia lain. Masalah lapar akan menghadirkan peluang tempat-tempat makan. Masalah pendidikan akan melahirkan peluang sekolah, tempat pendidikan dan pelatihan. Masalah kesehatan akan melahirkan peluang toko obat, klinik, rumah sakit, tabib, dan dokter.

Dan seterusnya……setiap masalah akan menghadirkan peluang.

Sukses itu terjadi bila bertemunya kesiapan dan peluang. Peluang banyak, ada dalam kehidupan kita. Tugas kita adalah mempersiapkan diri dengan kecakapan, sifat, dan karakter yang diperlukan untuk mendapatkan peluang.

Mempersiapkan diri membekali diri dengan berbagai kecakapan yang diperlukan adalah salah bentuk mendapatkan peluang.

Peluang akan datang bila kita benar-benar siap.

 

[ Kali ini DR Suharsono memberi kesematan buat Anda sekalian yang ingin curhat, ada personalan hidup yg susah diselesaikan terkait keluarga, karir, bisnis, keuangan dll.

Daftar pertanyaan bisa dihubungi Nomor what’s App 081364923457

Catatan: identitas bisa disembunyikan dan jawabannya dimuat di belarakyat.com

Terimakasih

Cc: DR SUHARSONO, MM, MPd]

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *