Makna Ketuahan dan Keadilan dalam Pancasila

Belajar dari bagaimana bung karno melahirkan nasakommaka dengan menempatkan pancasila sebagai philosofische groondslagmanusia indonesia ( apapun agama serta keyakinannya ) dituntut menghormati segala perbedaan sebagai sunatullahbahkan pada ide dan gagasan yang anti pancasila itu sendiri.

Tulisan lawas ini akan menanggapi gerombolan ‘muallaf pancasila‘ yang  mengklaim diri paling pancasilais dan selalu berupaya meniadakan kelompok lainnya yang berbedamelalui hukum laplace dalam ilmu aljabar

Bacaan Lainnya

Sebagai filsafat yang lahir dari budaya semak belukar pancasila merupakan upaya sebuah bangsa memahami akar keragaman pada ruang konkret dan menjadi suatu pola berpikir yang bergerak mengikuti hukum – hukum kesemestaan ( sunatullah ), cara hidup serta pandangan dunia yang filantrofisDengan demikian Pancasila membangun kesadaran manusia pentingnya keharmonisan dalam interaksi sosialkeselarasan dalam keragaman tradisipersaudaraan ditengah perbedaansehingga membuat Ikatan – ikatan primodial yang ada terjalin sebagai konstiitutif dari keberadaan sebuah bangsa.

Karakteristik tersebut pada gilirannya nanti akan membentuk pola berpikir yang mendekatkan kebenaran relatif pada kebenaran absolutAgar bisa mendapatkan kebenaran yang pastitetap dan bisa diterima semua pihak dibalik yang tersembunyi pada pancasilatak ada pilihan kecuali memahami pancasila melalui ilmu yang pasti bukan dengan logika miring ‘ilmu kira – kira‘.

Dengan sifatnya yang maha adil maka sesungguhnya Tuhan merupakan dzat yang memberikan keseimbangan alam semestaOleh karena itu sila pertama pancasila menempatkan Tuhan pada titik keseimbangan 0,0 sehingga bila membentuk tangen 45 derajat kita menyebutnya sebagai Maha Sempurna.

Posisinya pada titik 0,0 tersebut membangun pengertian mahaesa pada sila pertama bukan berarti satumelainkan ” WAL AWALUN WAL AKHIRUNtiada berawal dan tiada berakhirSifat mahaesa tersebut barulah bermakna satu ketika mengurangi 100 nama Tuhan menjadi 99 ( Asmaul Husna ) seperti yang umumnya orang ketahuiDan kita mengucapkannya sifat Tuhan  tersebut dengan lafaz ” Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un ” : Tuhan adalah attitude waktu.

Pemahaman sila pertama tersebut dapat menjawab pertanyaan tentang apa yang menjadi pengikat bangsa Indonesia ditengah begitu banyak perbedaan : Keyakinan pada Tuhan yang samayaitu Tuhan yang tidak berawal dan tidak berakhir serta kesadaran yang sama akan adanya keterlibatan Tuhan disetiap waktu kehidupanKeyakinan dan kesadaran tersebutlah yang mengikat kita sebagai sebuah bangsaInilah makna Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa.

Oleh: Habib Jansen Boediantono, Sebuah Tanggapan Untuk Gerombolan Muallaf Pancasila 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.