Type to search

Umum

Sepak Bola dan Target Hidup

Share

Salah satu olah raga yang paling digemari manusia adalah permainan sepak bola. Apalagi permainan sepak bola dalam piala dunia.

Pemainnya tinggi-tinggi besar dan ganteng-ganteng. Lapangannya bagus, permainannya sangat dinamis penuh strategi dan tendangannya jitu.

Dalam permainan sepak bola tingkat dunia penontonpun penuh semangat meneriakkan yel-yel dan membunyikan tabuhan yang dapat memacu detak jantung orang seisi lapangan, temasuk penonton di rumah.

Apalagi bila terjadi gol. Berbagai bunyi-bunyian, tarian, gerakan, menyatu merepresentasikan kegembiraan atas gol yang tercipta.

Dalam permainan bola dipertontontan kepiawaian dalam mengelola bola, kerjasama dengan pemain lain, dan kecakapan mengecoh lawan bermain serta kecepatan berlari mengejar bola. Semuanya berjalan cepat, kompak, dinamis, dan penuh dengan strategi.

Dalam suatu seminar kepemimpinan, saya tanyakan kepada peserta seminar.

“Apa yang membuat permainan sepak bola begitu menarik dan dapat menghipnotis banyak orang?”

“Pemainnya ganteng-ganteng, kepiawaian mengelola bola, penuh strategi, kerjasama tim,” dan masih banyak jawaban lain dari peserta seminar yang saya bawakan, dan semuanya benar. Tapi jawaban yang paling tepat, minimal seperti yang saya kehendaki, adalah: karena ada GAWANGNYA.

Coba Anda bayangkan bila permainan bola sepak tidak ada gawangnya seperti permainan waktu kecil saya. Semua pemain bermain mengejar bola, kesana-kemari yang penting berlari. Semua bermain menguasai lapangan tanpa tujuan yang jelas. Yang penting menguasai bola selama mungkin.

Kehidupan yang kita jalani seperti permainan sepak bola. Apabila kita punya goal yang jelas, tujuan yang jelas maka kehidupan kita akan terarah dan dinamis. Kita melakukan apa, kapan, dimana, dengan siapa, akan terbangun dengan baik karena target yang mau kita capai jelas dan terukur.

Selain itu, kita dapat mengatur diri dengan lebih baik, kita dapat mengatur irama kerja kita, dan dapat mengelola kemampuan kita dalam mencapai goal yang sudah dicanangkan.

Gawang dalam permainan bola ibaratnya seperti target yang hendak kita capai. Harus jelas dan terukur. Sayangnya banyak di antara kita yang tidak memiliki goal yang jelas dalam kehidupan. Hidupnya mengalir begitu saja tanpa mengarahkan mengalirnya kemana.

Orang yang tidak memiliki goal yang jelas seperti hanya bermain-main dalam kehidupan, tidak serius. Mereka tidak benar-benar bermain kehidupan.

Beda dengan, orang yang mempunyai goal-goal yang jelas dalam hidupnya akan menjalani kehidupannya dengan semangat, dinamis, penuh perhitungan, dan terarah.

Orang lain yang melihat dinamika kehidupannya juga ikut tertular semangatnya dalam mencapai goal-goal kehidupan. Orang lain akan memberikan dorongan semangat, dan memberi selamat dengan sukacita bila berhasil mencapai cita-citanya.

Selamat memasang gawang kehidupan!

“Set goals, challenge yourself, and achieve them. Live a healthy life…and make every moment count. Rise above the obstacles, and focus on the positive.”

“Tetapkan tujuan, tantang diri Anda dan capai tujuan tersebut. Hiduplah dengan sehat dan hitunglah setiap waktu yang Anda miliki. Bangkitlah mengatasi rintangan dan fokus pada yang positif.” Robbert H. Goddard []

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *