Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II TNI Berikan Kuliah Umum di Fakultas Hukum Unhas 

Makassar – Kuliah Umum berlangsung, Selasa (11/4/23) di Baruga Prof. Dr. Baharuddin Lopa, SH dengan mengusung tema kegiatan, “Pendidikan Integrasi Kebangsaan Sebagai Pilar Persatuan dan Kesatuan Bangsa”. Kegiatan ini digelar dalam rangka Dies Natalis ke-71 Fakultas Hukum Unhas dan dihadiri Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M,Sc dan Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.H., M.A.P.

Sementara itu pembawa materi kuliah umum adalah Marsekal Madya TNI Andyawan Martono P, S.I.P dan dihadiri sekitar 400 mahasiswa Fakultas Hukum Unhas.

Bacaan Lainnya

Rektor Unhas dalam sambutannya mengatakan bahwa pentingnya menghadapi bonus demografi dengan tetap menjaga nilai-nilai persatuan sehingga yang terbentuk adalah generasi yang kuat dan sadar akan persatuan.

Dalam paparan kuliah umumnya, Panglima Kogabwilhan II TNI menyampaikan bahwa Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI merupakan 4 pilar kebangsaan yang merupakan suatu bentuk pertahanan negara oleh setiap warga negara.
Ia menambahkan bawa terdapat 4 cara dalam menjaga pilar kebangsaan yaitu, kultural, edukatif, hukum, dan terakhir struktural.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof. Hamzah Halim dalam sambutanya menyampaikan bahwa kuliah umum Panglima TNI ini yang diwakili oleh Panglima Komando Gabungan Pertahanan Wilayah II (Pangobwilhan II) Masekal Madya TNI Andiyawan Martono P, S.IP dengan tema Pendidikan Integrasi Kebangsaan sebagai pilar utama persatuan dan kesatuan bangsa ini dimaksudkan untuk memupuk dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bagi sesama anak bangsa khususnya bagi kalangan intelektual muda, mahasiswa agar tidak mudah terprovokasi dan termakan isu-isu atau berita hoakx yang pada gilirannya akan mengancam kedamaian, persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa.

Dengan pemahaman awal yang baik tentang arti penting integrasi, persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara maka diharapkan dari awal akan tumbuh jiwa-jiwa patriotisme, cinta tanah air di kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Hukum Unhas, yang pada gilirannya diharapkan akan lahir alumni-alumni Fakultas Hukum Unhas dengan bekal jiwa patriotisme dan kenegarawanan dalam menjalankan profesi apapun yang mereka tekuni di masyarakat kelak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *